[VIVA.co.id] Tingkat Efisien Design VIVA.co.id Yang Baru "Eye Catching and Easy Touch The World"

Rabu, 29 Agustus 2012

      Dewasa ini internet sudah menjadi bahan kebutuhan pokok dalam kehidupan sosial masyarakat beradab pada umumnya. Internet menjadi sarana utama dalam mencari info, berita dan ilmu pengetahuan, di sinilah peran website penyedia informasi dan berita sangatlah penting. Sebagai contoh viva.co.id, sebagai situs international dan besar pengaruhnya dalam dunia pemberitaan. Maka keikutsertaan dalam penyediaan website yang berisi konten berita Viva sangatlah menjadi penting

     Sebagai konsumen berita tentunya kemudahan mendapatkan informasi dan berita tersebut sangatlah penting, di samping ke aktualan dan ke akuratan berita yang di sampaikan. Tentunya hal ini di dukung dengan kemudahan mendapat fasilitas Internet karena harga yang murah dan terdapatnya hotspot yang menyediakan internet gratis, selain itu gadget yang kini semakin canggih sehingga hampir semua kebutuhan pokok dapat di manage dalam sebuah alat tersebut.

     Tersedianya fasilitas-fasilitas tersebut tentu bertujuan agar setiap individu mendapatkan informasi secara cepat dengan biaya seminim mungkin. Hal tersebut diperjelas, bahwa konsumen utama yaitu para remaja, pada umumnya menggunakan internet dengan biaya seminimum mungkin dengan memilih paket internet dengan kecepatan rendahsebagai pilihan karena umumnya internet mayoritas di gunakan untuk jejaring sosial yang tidak membutuhkan kecepatan internet cepat..

     Kecepatan internet yang rendah tentu menjadi kendala sendiri dalam penggunaan internet itu, langsung pada poin utamanya. Website viva.co.id, dalam rangka peralihan domainnya menjadi ".co.id" juga bermaksud membuat tampilan segar untuk lebih menarik perhatian para pengunjung. Design baru viva.co.id ini tetap mempertahankan ketegasan warna merah sebagai warna dasar webpagenya yang menunjukkan arti Faktual, Aktual, dan Akurat. Juga memilih design dengan garis-garis tegas pada setiap halaman website yang menunjukkan konsentrasi dan keseriusan.
   
     Dengan pembawaan diatas, tentu akan berpengaruh hal yang sama pada pembaca, akibat kinerja otak yang hampir seratus persen melalui titik visual pembaca dalam mendapatkan informasi melalui layar gadgetnya. Dengan begitu pembacapun akan lebih terjaga konsentrasi dan rasa kepercayaan terhadap berita yang di baca sehingga membuat betah para pembaca.
   
     Namun dengan design dasar tersebut juga akan meningkatkan kejenuhan para pembaca akibat tampilan yang monoton. Tentu hal ini sudah teratasi oleh pihak Viva dengan menambahkan tampilan Active Web, juga berberapa thumbnail dan video berita yang menambah menarik bagi para pengunjung web page Viva.co.id.

     Tetapi tetap saja terdapat resiko pada kecepatan membuka website tersebut, dengan hasil test yang dilakukan menggunakan Web tools di dapatkan bahwa:

Waktu yang dibutuhkan untuk membuka web viva.co.id adalah 30 detik apabila kecepatan bandwith internet bekisar 154kb/s (DSL) dengan sinyal stabil.
Tentu pengukuran ini bergantung bandwith yang dimiliki setiap individu pengunjung.
namun sebenarnya hanya di butuhkan waktu 8.11 detik untuk membuka webpagenya saja dengan ukuran webpage hanya 107.52KB.



namun bila dibandingkan dengan situs lain seperti Youtube.com yang juga menampilkan banyak thumbnail dan video stream pula sama seperti viva.co.id, maka akan kalah cepat akibat kecilnya jumlah kontennya
tetapi hal ini sudah diatasi oleh pihak viva yaitu dengan menciptakan layout webpage dengan blok blok yang menyesuaikan kontennya seperti ada blok viva bola, viva life style, viva forum dll. Hal ini menyebabkan konsentrasi pendownload komponen halaman web lebih terkonsentrasi dan mengatasi lebih terhadap koneksi internet yang tidak stabil yang sering menyebabkan komponen web sering tidak ter update semua.

maka dapat disimpulkan sisi positive 
1. Pemilihan Warna dan Design garis yang tegas, yang memperkuat gambaran dari viva itu sendiri.
2. Penggunaan konten berupa gambar dan video yang mendukung berita dan keberagaman dan keindahan page sehingga mengurangi kejenuhan pembaca
3. penggunaan layout yang ber-blok blok sehingga pendownloadan halaman web lebih terkonsentrasi

sisi negativenya.
Thumbnail yang banyak, adanya video stream tentu menyebabkan ukuran page menjadi lebih besar dan semakin lebih lama membukanya.
berbeda dengan tampilan secara mobile yang lebih sederhana namun kurang menarik. Tetapi tampilan tersebut tentu cocok karena koneksi yang mampu dilakukan gadget cenderung minim.
(contoh mobile.viva.co.id)







0 komentar: